Tips Mudah Menjadi Network Administrator Versi Klikblogmu

Network Administrator adalah seseorang / sekelompok orang yang bertanggung jawab atas semua hal yang terjadi pada suatu network / jaringan. Adminlah yang mempunyai hak paling tinggi pada sebuah jaringan. Dalam dunia internet tentulah banyak orang yang hanya iseng atau sengaja masuk kesebuah jaringan. Beragam tujuan mulai pencurian data, defacing, ataupun tujuan lain yang tentunya merugikan.

Disinilah kemampuan sang admin dibutuhkan untuk menjaga keamanan sebuah jaringan. Hal-hal yang harus dikuasai seorang admin versi blogku blogmu diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Basic Hardware Networking, seorang admin harus mengenal berbagai macam hardware serta fungsinya dalam sebuah jaringan. Mis: Switch/hub, Wireless, Acces Point, dll.

2. Basic IP dan Subnetting, adalah hal yang sangat penting karena inti dari jaringan adalah IP dan Subnetting. Seorang admin harus mengetahui bagaimana mengatur penomoran IP yang baik dan efisien sehingga mencegah broadcasting, mengatur gateway, mikrotik, dll.

3. Technology Switching dan Routing, dibutuhkan jika jaringan yang ditangani lebih dari satau, sehingga admin harus bisa melakukan routing terhadap jaringan sehingga user dapat terkoneksi dengan baik. Untuk switching Anda perlu mempelajari Teknologi VLAN

4. Technology Server adalah technology yang banyak berhubungan dengan Server LDAP, DHCP, DNS, Dll...Intinya adalah memberikan service yang dibutuhkan untuk client.

5. Security, Jika sebuah jaringan telah terbentuk dengan baik, seorang admin harus memperhatikan masalah Security mulai dari Server, Router, sampai membuat IDS untuk mendeteksi serangan.

6. Monitoring, mencangkup semua hal baik dari infrastruktur maupun dari sisi Server..Semakin baik monitoring maka tugas admin semakin mudah.

7. Backup, Hal yang sering dilupakan oleh para Network Administrator (termasuk saya…) adalah backup. Seorang admin network yang baik mempunyai jadwal backup sistemnya, baik secara deferensial maupun full backup.

8. Dan masih banyak lagi, karena teknologi networking yang sedemikian cepat berkembang.

Silahkan dipelajari semua hal tersebut untuk menjadi seorang Network Administrator yang handal.Semakin Anda banyak sertifikasi dan kemampuan branding seorang admin pun menjadi lebih baik.