13 System Service Komputer yang Dapat di Nonaktifkan


Komputer anda lambat loadingnya alias lemot..??? 
Bisa jadi salah satu penyebabnya adalah banyak service aktif yang gak dipakai. Apalagi spesifikasi komputernya aje gile...lengkap sudah :D

>>> " Jika berkenan silahkan gabung dan ngobrol bareng di Komputer-Newbi - cari solusi bareng-bareng.." <<<

Untuk menghemat resource cpu  dan mempercepat kinerja komputer, maka sebaiknya beberapa system service dinonaktifkan.Gimana dan apa saja System Service yang Dapat di Nonaktifkan...cekidot

Cara Menonaktifkan Service

Caranya tinggal ketik "services" di kolom run....



System Service yang Dapat di Nonaktifkan


1. Offline Files
Offline file adalah layanan melakukan kegiatan pemeliharaan pada cache Berkas Offline, menanggapi logon pengguna dan acara logoff, mengimplementasikan internal dari API umum, dan berita-berita acara menarik bagi mereka yang tertarik dalam kegiatan Berkas Offline dan perubahan di bagian Cache.

Mengapa ini dapat dinonaktifkan: Jika Anda tidak menggunakan Offline Files fitur ditemukan di kedua klien Windows dan produk server, layanan ini dapat dengan aman dinonaktifkan. Jelas, Tetapi jika Anda terhubung ke jaringan untuk sinkronisasi file melalui jaringan, Anda harus mengaktifkan layanan ini.

2. Network Access Protection Agent
Network Access Protection (NAP) adalah  layanan agen mengumpulkan dan mengelola informasi kesehatan dari komputer klien pada jaringan. Informasi yang dikumpulkan oleh agen NAP digunakan untuk memastikan bahwa komputer klien memiliki software yang dibutuhkan dan pengaturan. Jika komputer klien tidak sesuai dengan kebijakan kesehatan, dapat diberikan dengan akses jaringan terbatas sampai konfigurasi diperbarui. Tergantung pada konfigurasi kebijakan kesehatan, komputer klien mungkin otomatis diperbarui sehingga pengguna mendapatkan kembali akses jaringan penuh tanpa harus secara manual memperbarui komputer mereka.

Mengapa ini dapat dinonaktifkan: Jika Anda tidak terhubung ke jaringan tidak diperlukan. jadi layanan ini bisa dinonaktifkan.

3. IP Helper
IP Helper Menyediakan konektivitas tunnel menggunakan teknologi transisi IPv6 (6to4, ISATAP, meningkatkan terminal Proxy, dan Teredo) dan  Jika layanan ini dihentikan IP-HTTPS, komputer tidak akan memiliki manfaat peningkatan konektivitas yang ditawarkan oleh teknologi sekarang ini.

Mengapa Mengapa service ini tidak dibutuhkan: Karena banyak organisasi bahkan belum memulai uji coba menggunakan IPv6. Sebagaimana ditunjukkan dalam deskripsi layanan, layanan IP Helper leveraged dalam transisi IPv4 ke IPv6-.

4.Parental Controls
Layanan ini merupakan rintisan untuk fungsi Parental Control yang ada di Windows Vista. Hal ini disediakan untuk kompatibilitas saja.

Mengapa ini dapat dinonaktifkan: Jaringan perusahaan jarang digunakan fungsi Parental Control Vista. Selanjutnya, ini adalah layanan warisan dari Windows Vista

5. HomeGroup Provider
Melakukan tugas jaringan yang berhubungan dengan konfigurasi dan pemeliharaan homegroups. Jika layanan ini dihentikan atau dinonaktifkan, komputer Anda tidak akan dapat mendeteksi homegroups lain dan homegroup Anda mungkin tidak bekerja dengan baik. Dianjurkan agar Anda menjaga layanan ini berjalan.

Mengapa ini dapat dinonaktifkan: Bila anda laptop atau komputer anda tidak berada atau bergabung di jaringan lan dan tidak butuh konfigurasi dan pemeliharaan dari komputer server, maka layanan ini tidak diperlukan.

6. Tablet PC Input Service
Mengaktifkan Tablet PC pena dan tinta fungsionalitas.

Mengapa hal ini dapat dinonaktifkan: Sebagian besar PC yang dikerahkan untuk pengguna tidak memiliki perangkat keras yang dapat memanfaatkan kemampuan tablet. Layanan ini hanya menggunakan sumber daya sistem yang tidak memberikan manfaat.

7. Smart Card
Mengelola akses ke kartu pintar dibaca oleh komputer ini. Jika layanan ini dihentikan, komputer ini tidak akan dapat membaca kartu pintar. Jika layanan ini dinonaktifkan, setiap layanan yang secara eksplisit bergantung padanya akan gagal untuk memulai.

Mengapa ini dapat dinonaktifkan: Jika organisasi Anda tidak menggunakan smart card untuk keperluan otentikasi, Anda dapat dengan aman menonaktifkan layanan ini.

8. Smart Card Removal Policy
Memungkinkan sistem untuk dikonfigurasi untuk mengunci desktop pengguna dalam hal penghapusan kartu pintar.

Mengapa ini dapat dinonaktifkan: Jika organisasi Anda tidak menggunakan smart card untuk keperluan otentikasi, Anda dapat dengan aman menonaktifkan layanan ini.

9. Windows Media Center Receiver Service
Windows Media Center Layanan untuk TV dan penerimaan siaran FM.

Mengapa ini dapat dinonaktifkan: Di lingkungan sebagian besar perusahaan rumah, TV dan penerimaan siaran FM pada komputer desktop tidak dianggap sebagai "bisnis penting" karena sudah ada peralatan TV dan Radio, jadi tidak terlalu dibutuhkan. Anda dapat menonaktifkan layanan ini untuk menghemat sumber daya.

10. Windows Media Center Scheduler Service
Layanan untuk memulai dan berhenti merekam program TV dalam Windows Media Center.
Mengapa ini dapat dinonaktifkan: Karena tidak ada kebutuhan untuk merekam program TV di lingkungan perusahaan/perumahan.

11. Windows Media Player Network Sharing Service
Service  Windows Media Player perpustakaan untuk terhubung ke player lain dalam jaringan lainnya dan perangkat media menggunakan Universal Plug and Play.
Mengapa ini dapat dinonaktifkan: Pada jaringan perusahaan apalagi anda tidak berada di dalam jaringan komputer, Windows Media Player tidak terlalu bermanfaat di jaringan rumah. Menonaktifkan layanan ini tidak akan berdampak pada kegiatan bisnis.

12. Fax
Memungkinkan Anda untuk mengirim dan menerima faks, memanfaatkan sumber daya faks yang tersedia di komputer ini atau pada jaringan.
Mengapa ini dapat dinonaktifkan: Bila anda tidak perlu mengirim fax atau anda memiliki mesin fax sendiri, berarti layanan ini tidak diperlukan.

13. HomeGroup Listener
Membuat perubahan komputer lokal berkaitan dengan konfigurasi dan pemeliharaan komputer homegroup-dalam jaringan. Jika layanan ini dihentikan atau dinonaktifkan, komputer Anda tidak akan bekerja dengan baik dalam homegroup dan homegroup Anda mungkin tidak bekerja dengan baik. Dianjurkan agar Anda menjaga layanan ini berjalan.

Mengapa ini dapat dinonaktifkan: Bila anda laptop atau komputer anda tidak berada atau bergabung di jaringan lan dan tidak butuh konfigurasi dan pemeliharaan dari komputer server, maka layanan ini tidak diperlukan.

Masih banyak yaa....yang kurang...jika berkenan silahkan tambahkan...