Outlook 2010 error “Cannot open your default email folders. The information store could not be opened”

Error Outlook2010
Klik Blogmu - Hari ini kedatangan salah satu user yang mempunyai masalah dengan outlook 2010. Jadi pas buka outlook, dapat pesen error "Cannot open your default email folders. The information store could not be opened"

Dalam menghadapi masalah Klikblogmu selalu mulai dari hal-hal dasar, seperti wawancara dengan user apa yang di lakukannya sebelum terjadi error. Hal ini sangat membantu untuk menelusuri sumber masalahnya.
Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi outlook 2010 error “Cannot open your default email folders. The information store could not be opened”, walaupun tidak menjamin bisa menyelesaikan semua masalah outlook 2010 error, setidaknya untuk kasus client klikblogmu berhasil dengan sukses.

Pertama Disable Compability mode pada Outlook.exe ( yang bisa jadi tidak dengan sengaja diaktifkan), caranya :
  1. Cari program Outlook.exe. Kalau memakai explorer secara default ada “C:\Program Files\Microsoft Office\Office14”, atau kalau udah jadi shortcut di desktop lebih cepet lagi tuh.
  2. Klik kanan Outlook.exe dan pilih properties
  3. Pilih tab Compability dan UNCHECK option “Run this program in compatibility mode for”
  4. Tekan tombol OK dan coba lagi buka program Outlooknya

Jika mode Compability tidak aktif, maka masalah ini disebabkan oleh yang lain…( Anak kecil juga tahu itu mah…wk..wk)…coba cara kedua
  1. Coba Run outlook dalam safe mode caranya tekan tombol Win + key R atau Star cari Run dan ketikkan “Outlook.exe /safe” tekan ok
  2. Buat kembali Outlook Profile dengan cara tekan Start -> Control Panel -> Mail. Pilih Show Profile. Hapus profile yang sudah ada. Kemudian klik Add ... untuk menambahkan profil baru. Cobalah untuk memulai Outlook lagi.
  3. Hapus  Windows Messaging Subsystem keys didalam registry. Caranya, dari menu Run ketik “regedit“ cari key [HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Windows Messaging Subsystem\Profiles]. Hapus key yang sesuai dengan nama profil yang menyebabkan Outlook error. Cobalah untuk memulai Outlook lagi.
Mudah-mudahan berhasil…good luck.