Tips Menulis Huruf Jepang di Windows 7



Karena ada salah satu langganan blogku blogmu yang mampir kerumah nanyain gimana caranya supaya tulisan kita di word langsung berubah menjadi huruf jepang ?
Rada bingung juga…setelah diutak-atik sambil baca helpnya…ketemu dah “ Tips Menulis Huruf Jepang di Windows 7

Langkah pertama adalah siapkan kopi/teh manis dan cemilannya

Langkah kedua adalah masuk ke  Control Panel, lalu masuk ke Region and Language kemudian ke tab Keyboards and Languages dan klik Change keyboards.



Setelah masuk di jendela Text Services dan Input Languages, pada bagian "Installed Services" klik Add. Kemudian cari "Japanese (Japan)", lalu ubah pada bagian keyboardsdengan memberikan tanda centang pada "Microsoft IME". Setelah itu klik OK.



Setelah selesai maka ditoolbar pojok kanan kalau kita klik ada tiga bahasa yang terpasang



Ubah Language Bar yang sebelumnya default "IN Indonesian (Indonesia)" atau "EN English (United States)" menjadi "JP Japanese (Japan)" seperti pada gambar diatas. Maka akan muncul fitur-fitur tersebut.


Input Mode

Secara umum bahasa Jepang terdiri dari 3 huruf, yaitu Hiragana, Katakana dan Kanji. Namun di dalam Microsotf IME ada 5 pilihan pada input mode, yaitu :
- Hiragana
- Full-width Katakana
- Full-width Alphanumeric
- Half-width Katakana
- Half-width Alphanumeric

Huruf latin standar adalah "Half-width Alphanumeric". Jika kita mau menulis dengan huruf hiragana, maka pilih mode Hiragana. Saat menulis akan terjadi auto correct ke huruf hiragana dari huruf latin yang ditulis. Misalnya jika kita menuliskan "ka" lewat keyboard maka akan menjadi "か" sendiri. Begitu juga dengan huruf katakana (Full-width Katakana).


Silahkan diexplorasi.........Selamat Menulis Huruf Jepang di Windows 7....