6 Tips Mengamankan Jaringan Wireless

Dengan semakin berkembangnya jaringan wireless maka kita (termasuk Klikblogmu) merasakan manfaat yang sangat besar. Diantaranya waktu yang lebih fleksibel, dapat bekerja dirumah, tidak kena macet…( Jabotabek…ampun macetnya).

Disamping itu ada sisi yang harus diperhatikan kala kita menggunakan jaringan local wireless (WLAN) yang sangat rawan terhadap pencurian data sensitive, hacker, virus,sniffing, dan lain-lain. Pengiriman data melalui wireless memungkinkan seseorang untuk mengambil transmisi sehingga bisa akses computer kita, atau menyisipkan virus tanpa kita sadari.


Lalu bagaimana solusinya ?
Untuk mengurangi kemungkinan diatas kita harus berupaya melakukan setup keamanan pada router atau modem yang kita gunakan. Berikut langkah-langkah yang bisa dicoba :

1. Ubah default password administrasi pada router wireless dengan password yang aman.

2. Aktifkan setidaknya 128-bit enkripsi WEP pada router.
Mengubah kunci WEP kita secara berkala. Jika peralatan tidak mendukung enkripsi setidaknya WEP 128-bit, pertimbangkan untuk mengganti itu. Meskipun ada masalah keamanan dengan WEP, itu merupakan tingkat minimum keamanan, dan itu harus diaktifkan.

3. Ubah default SSID pada router / jalur akses kita dengan nama yang sulit ditebak. Penyiapan perangkat komputer kita untuk menghubungkan ke SSID ini secara default.

4. Setup router / akses point tidak untuk menyiarkan SSID. SSID yang sama perlu setup pada sisi client secara manual. Fitur ini mungkin tidak tersedia pada semua peralatan.

5. Blok permintaan Internet anonim atau ping. Pada setiap komputer yang memiliki kartu jaringan nirkabel, jaringan sifat sambungan harus dikonfigurasi secara manual.
Aktifkan MAC filtering. Hanya MAC address yang terdaftar di router yang boleh akses jaringan, lainnya kita tolak. Router jaringan harus memiliki fitur firewall diaktifkan dan zona demiliterisasi (DMZ) fitur dinonaktifkan.

6.Semua komputer harus memiliki firewall pribadi dikonfigurasi dengan benar selain firewall hardware. Anda juga harus memperbarui router / akses firmware titik ketika versi baru tersedia. Mencari router / jalur akses menjauh dari orang asing juga sangat membantu sehingga mereka tidak dapat mengatur ulang titik router / akses ke pengaturan default. Anda bahkan dapat mencoba untuk mencari router / access point di tengah-tengah bangunan daripada di dekat jendela untuk membatasi jangkauan sinyal di luar gedung.

Tidak ada jaminan perlindungan penuh dari jaringan nirkabel Anda, tetapi minimal dengan melakukan tip-tip diatas orang yang bermaksud kurang baik, menjadi terhambat sehingga mengurungkan niatnya.