Cara Mendiagnosa Kerusakan Komputer Blank atau Mati Total


Komputer tiba-tiba mati total, tidak bisa booting dan pada layar monitor tidak menampilkan apa-apa alias blank. Jangan panik dulu, ada beberapa hal yang biasanya klikblogmu lakukan untuk Mendiagnosa Kerusakan Komputer Blank atau Mati Total.

1. Periksa monitor dan pastikan monitor berfungsi, Untuk memastikannya lihat lampu indikator monitor apakah menyala, dan cabut kabel VGA Monitor, apabila tampilan monitor menjadi normal dengan menampilkan gambar atau pesan seperti misalnya "No Signal Detected" maka kerusakan memang terdapat pada komputer.

2. Periksa Power Supply dan pastikan masih berfungsi dengan baik.
Buka casing CPU kemudian nyalakan kembali komputer dengan menekan tombol power. Jika power supply masih berfungsi dengan baik maka lampu indikator pada motherboard menyala dan fan Processor berputar. Sedangkan apabila CPU tidak menampilkan "tanda-tanda kehidupan", coba periksa Power Supply secara manual.

3. Bersihkan semua komponen pada Motherboard
Apabial di perlukan lepaskan terlebih dahulu semua card –card yang tertancap di mother board. Bersihkan debu dan kotoran yang menempel dengan kuas dan vacuum cleaner. Semprotkan cairan pembersih "electrical contact cleaner" untuk lebih membersihkan debu-debu yang menempel pada pin-pin IC atau komponen elektronik pada komponen - komponen tersebut.

4. Rakit kembali CPU dan coba nyalakan kembali, tetapi untuk hardisk jangan dipasang terlebih dahulu.

Menurut pengalaman ada beberapa hal yang akan terjadi:

>>komputer menyala normal (bisa masuk BIOS) tetapi tidak bisa booting, dikarenakan hardisk gak dipasang. Matikan dan pasang hardisk kemudian nyalakan lagi, apabila berhasil booting berarti permasalahan sudah hampir selesai.

>>komputer mengeluarkan bunyi beep, berarti ada komponen biasanya RAM dan VGA Card yang bermasalah, coba dicabut pasang lagi atau diganti dengan yang masih berfungsi baik.

>>komputer masih tetap tidak bisa booting dan tidak mengeluarkan bunyi beep, cabut battery BIOS, dan coba ganti aja dulu RAM atau VGA Card-nya dengan yang masih berfungsi.
RAM dan VGA Card sudah diganti tetapi komputer masih tetap blank, biasanya kerusakan terjadi pada bagian Motherboard atau Processornya. Coba ganti processornya dan dinyalakan kalau masih gak bisa, Saatnya ganti motherboard atau sekalian aja upgrade ke spek yang lebih tinggi.

Mudah-mudahan bermanfaat