Panduan Backup dan Restore Komputer ala Klikblogmu - bag 1


Klikblogmu - Backup...backup...backup. Hal inilah yang sering dilupakan oleh seorang system administrator sekalipun termasuk saya. Bencana gak bisa di prediksi, bisa terjadi kapan aja. Kecuali kita baik-baik saja dengan kehilangan semua data penting. Jika tidak maka kita memerlukan sebuah sistem backup yang baik. Jika Anda mengetahui hal ini tetapi belum sempat untuk menyiapkan cadangan pada PC atau laptop  Anda, silahkan ikuti Panduan Backup dan Restore Komputer.

Backup menurut wikipedia adalah sebuah proses untuk menyalin dan pengarsipan data komputer sehingga dapat digunakan untuk mengembalikan asli setelah peristiwa kehilangan data.

Backup merupakan hal penting karena semua data  memiliki nilai. Backup adalah cara mengamankan informasi yang berharga. Hal terburuk adalah hilangnya file satu-satunya yang kita miliki dan tidak ada salinanya, seperti dokumen pribadi atau foto.

Panduan Backup dan Restore Komputer di buat beberapa bagian :
1 – Apa sih Backup itu dan mengapa saya memerlukannya?
2 - Master Plan Backup
3 - Seberapa sering saya harus menjalankan backup?
4 - Backup Tools
5 - Kemana sebaiknya kita membuat Backup?
6 - Bagaimana cara membuat backup dan restore sistem operasi ?
7 - Kesimpulan

Langsung aja kebagian yang pertama

1 – Apa sih Backup itu dan mengapa saya memerlukannya?


Sebuah backup komputer adalah salinan data elektronik yang disimpan terpisah dari file asli. Dalam hal data asli bisa corrupt, rusak, dihapus atau hilang, backup dapat digunakan untuk memulihkan atau mengembalikan data. Sehingga meminimalkan risiko kehilangan data.

Konsep back up informasi jauh lebih tua dari komputer sendiri. Pada tahun 1950, backup data komputer pertama dibuat ke punch card, teknologi sederhana yang pada saat itu sudah berusia lebih dari seratus tahun. Pada tahun 1960, kertas digantikan oleh pita magnetik. Karena biaya rendah dan umur panjang dibandingkan dengan teknologi penggerak modern yang keras, pita magnetik masih digunakan untuk backup di banyak perusahaan.

Backup merupakan hal penting karena data yang memiliki nilai. Di masa sekarang banyak sekali informasi yang diperdagangkan secara digital, hampir semua orang memiliki data yang nilai finansial, misalnya membeli musik atau eBook. Banyak file di komputer pribadi kita tidak memiliki nilai uang, tapi kita menghabiskan banyak waktu mengumpulkan mereka. Kerugian terburuk, bagaimanapun, akan file yang kita memiliki satu-satunya salinan yang ada, seperti dokumen pribadi atau foto.

Jika kita mampu untuk kehilangan file dan bisa dipulihkan oleh spesialis, maka kita tentu tidak perlu membuang waktu untuk mempersiapkan backup. Ada seluruh industri yang tergantung pada orang-orang yang tidak membuat backup, kehilangan data penting, dan kemudian membutuhkan seseorang untuk mengambil informasi bagi mereka. Namun, recovery data tentu ada harganya dan lumayan mahal, sementara dengan melakukan back up data sendiri hampir sepenuhnya gratis.

Panduan Backup dan Restore Komputer akan memandu Anda melalui proses pengaturan dan memelihara backup secara teratur pada Windows 7. Prosedur hampir sama pada Windows Vista, dan konsep ini dapat diadopsi untuk Windows XP dan sistem operasi lainnya. Saya akan membantu Anda memutuskan mana file dan folder untuk cadangan dan bagaimana mengatur data untuk backup mudah. Aku akan memberikan perkiraan seberapa sering Anda harus membuat cadangan berbagai jenis file, yang media backup atau tujuan Anda bisa atau harus menggunakan, dan bagaimana untuk mengatur terbaik prosedur backup. Akhirnya, saya juga akan menunjukkan cara untuk mem-backup sistem operasi untuk pemulihan cepat dalam kasus sesuatu yang salah. Saya tahu bahwa mempersiapkan cadangan adalah sebuah kerumitan, dengan demikian, strategi yang saya usulkan adalah sebagai sederhana dan mudah mungkin, memaksimalkan baik kenyamanan pengguna dan keamanan data.

Lanjut ke bagian kedua....
 2 - Master Plan Backup