Bagaimana Menjalankan Flush DNS Cache di Windows XP

Bagi seorang administrator jaringan tentulah mengenal istilah DNS. DNS (Domain Name System) adalah sistem dalam komputer yang menyimpan dan merekam informasi yang relevan dari  alamat web tertentu Tujuan dari service ini adalah untuk mempercepat loading informasi saat pengguna mengakses situs web yang sama.

Hal ini menjadi masalah jika DNS dari suatu web telah berubah ( web tersebut server hostingnya berubah), maka informasi yang tersimpan dalam cache DNS komputer akan harus dirubah juga supaya pengguna tidak megalami masalah ketika mencoba untuk mengakses website tersebut.

Masalah ini menimpa klikblogmu, hari ini server email yang klikblogmu tangani tidak menerima email, tentulah mencurigakan, padahal sehari biasanya ribuan email masuk ke server zimbra. Hal yang pertama dichek adalah router mikrotiknya. Ternyata DNS mail servernya sudah berubah, sehingga harus di flushdns. Sesudah melakukan penggantian DNS di rooter dan webmail, maka selanjutnya adalah melakukan flushdns di computer pengguna. Caranya kalau di windows adalah sebagai berikut :

Buka command prompt

 Maka akan terbuka jendela command dos


Sesudah terbuka ketikkan perintah ipconfig /flushdns untuk flush cache DNS nya.





Sesudah keluar pesen "Successfully flushed the DNS Resolver Cache" maka proses flushdns selesai.