6 Penyebab Komputer Restart dan Cara Memperbaikinya

Komputer kita sering restart, tentulah sangat mengjengkelkan. Pekerjaan yang belum sempat disimpan menjadi sia-sia. Sebelum panggil teknisi seperti klikblogmu ada baiknya kita mengetahui 6 Penyebab Komputer Restart dan Cara Memperbaikinya.

>> Komputer restart karena virus
Ada beberapa varian virus computer yang bisa membuat computer restart sendiri. Jika computer anda restart periksa terlebih dahulu apakah antivirus berjalan sebagai mana mestinya atau baca artikel cara cepat memeriksa virus komputer.
Jika ternyata positif mengandung virus maka computer anda harus di scanning dan dibersihkan.

>> Komputer sering restart karena masalah Hardisk
Salah satu hardware di dalam satu computer yang paling rawan kerusakan adalah hardisk.
Jika hardisk rusak atau bad sector, maka  komputer menjadi sering hang, muncul pesan bluescreen of death, komputer ga bisa booting bahkan computer restart.Kita bisa menggunakan tools semacam hardisk sentinel untuk memeriksa kondisi hardisk.
Untuk mencegah kerusakan sekaligus memperbaiki hardisk tersebut kita bisa menjalankan program scandisk/checkdisk, men-defrag hardisk secara teratur dan pastikan selalu mematikan komputer dengan prosedur yang benar..

>> Komputer sering restart karena Power Supply
Sesuai dengan namanya power supply adalah sumber daya untuk computer. Jika power supply  sudah tidak optimal atau kurang daya maka tentulah computer akan kekurangan daya dan menyebabkan computer restart. Pada umumnya rusaknya power supply karena macetnya atau matinya kipas angin (fan) yang terdapat pada power supply, sehingga terjadi overheat pada komponen Power Supply itu sendiri. Jika kita curiga power supply sudah kekurangan daya, maka saatnya kita ganti power supply yang baru.

>> Komputer sering restart karena RAM rusak
RAM yang rusak juga bisa menyebabkan komputer sering restart. Jika hardware computer yang lain di periksa masih ok tapi computer tidak bisa booting dan restart kemungkinan vganya bermasalah.Coba ganti RAM yang terpasang, dan siapa tahu computer dapat berjalan normal kembali.

>> Komputer sering restart karena VGA Card rusak
Komputer sering restart sendiri juga bisa terjadi karena rusaknya bagian VGA Card yang terpasang pada slot AGP atau PCI. Biasanya VGA Card yang rusak akan terasa cepat panas pada bagian pendinginnya, selain itu tampilan gambar pada layar monitorpun menjadi rusak. Untuk itu apabila komputer Anda sering restart ada baiknya juga untuk mengecek komponen tersebut.

>> Komputer sering restart karena Processor kepanasan
Penyebab utama komputer restart adalah over heating processor atau processor yang kepanasan. Hal ini biasanya disebabkan kondisi kipas angin (fan) yang terdapat pada pendingin processor yang sudah tidak optimal (misalnya macet karena debu), menumpuknya debu pada sirip-sirip Pendingin Processor, sudah keringnya atau bahkan tidak adanya thermal paste yang merekatkan antara processor dan pendinginnya,  juga kondisi ruangan tempat penyimpanan komputer yang memang panas.

Untuk memeriksa  overheat pada Processor dapat dilakukan dengan beberapa cara, diantaranya:
Melihat kondisi temperatur pada menu Hardware Monitor di BIOS, Menggunakan program monitoring temperatur seperti misalnya CPUID Hardware Monitor, Mengecek secara manual yaitu dengan membuka casing CPU dan meraba sendiri temperatur pada bagian Pendingin (Cooler) Processor.

Untuk mengatasi Procesor kepanasan (overheat) ini kita bisa melakukan beberapa hal diantaranya:
Senantiasa membersihkan debu yang terdapat dalam Casing CPU dan Pendingin Processor baik dengan kuas cat yang bersih dan vacum cleaner kecil.
Menggunakan thermal paste sebagai penghubung yang merekatkan bagian Processor dan Pendingin. Untuk thermal paste yang sudah kering sebaiknya diganti.
Menyimpan komputer diruangan yang tidak terlalu panas (lebih baik ber-AC). Seandainya terpaksa harus menyimpan komputer di ruangan yang cukup panas, maka sebaiknya lengkapi casing CPU dengan kipas angin tambahan.
Menggunakan program monitoring temperatur seperti misalnya CPUID Hardware Monitor untuk mengetahui secara dini kondisi overheat pada Processor.

Demikian 6 Penyebab Komputer Restart dan Cara Memperbaikinya, mudah-mudahan ada gunanya
******