Mesin virtual dan Virtualisasi....Mahluk Apaan Tuch ?


Klikblogmu - Belakangan ini istilah mesin virtual dan virtualisasi sering terdengar diantara tukang oprek komputer, baik untuk belajar atau test sistem sebelum implementasi sistem dilapangan.  Kalau kita cari di wikipedia ada nich penjelasannya tentang mesin virtual dan virtualisasi.

Menurut wikipedia ”Mesin virtual pada mulanya didefinisikan oleh Gerard J. Popek dan Robert P. Goldberg pada tahun 1974 sebagai sebuah duplikat yang efisien dan terisolasi dari suatu mesin asli. Pada masa sekarang ini, mesin-mesin virtual dapat mensimulasikan perangkat keras walaupun tidak ada perangkat keras aslinya sama sekali”.

“Istilah virtualisasi perangkat-keras mengacu kepada upaya menciptakan mesin virtual yang bekerja layaknya sebuah komputer lengkap dengan sistem operasi. Istilah mesin tuan-rumah(host) mengacu kepada mesin tempat virtualisasi bersemayam sementara istilah mesin tamu(guest) mengacu kepada virtual mesin itu sendiri. Istilah hypervisor mengacu kepada perangkat-lunak atau firmware yang membuat mesin virtual”.

Untuk bahasa sederhananya menurut klikblogmu “ Virtualisasi  adalah cara menjadikan laptop/ komputer menjadi  beberapa operating system”...githu aja...bener gak yach :D


Jenis – Jenis  Virtualisasi 

Ada beberapa jenis virtualisasi
Para-virtualisasi: Perangkat keras tidak disimulasikan tetapi perangkat-lunak tamu berjalan dalam domainnya sendiri seolah-olah dalam sistem yang berbeda. Dalam hal ini perangkat-lunak tamu perlu disesuaikan untuk dapat berjalan.
Virtualisasi sebagian: Tidak semua aspek lingkungan disimulasikan tidak semua perangkat-lunak dapat langsung berjalan, beberapa perlu disesuaikan untuk dapat berjalan dalam lingkungan virtual ini.
Virtualisasi penuh: Hampir menyerupai mesin asli dan mampu menjalankan perangkat lunak tanpa perlu diubah.

Manfaat Virtualisasi

Virtulisasi  adalah partisi logis dari komputer menjadi komputer virtual. Dengan virtualisasi anda bisa memiliki sebuah komputer virtual yang tidak akan harus berbagi dengan pengguna lain dan tanpa penambahan hardware sehingga akan memberikan keuntungan lebih dan juga menghemat pengeluaran.

Untuk perusahaan virtualisasi bisa dilakukan pada server. Virtualisasi server dapat memaksimalkan sumber daya server yang tersedia secara lebih optimal, dan juga menawarkan peningkatan dalam sisi keamanan. Jika ada masalah dalam satu server virtual, yang lain tetap berdiri dan berjalan. Dengan virtualisasi, aplikasi jaringan tidak terpengaruh dengan adanya kegagalan sistem. Sehingga mengurangi resiko terhentinya operasional bisnis dan mengurangi downtime. Sistem ini juga dapat digunakan untuk mendeteksi virus dan program yang dapat membahayakan sistem.

Software Virtualisasi 

Ada beberapa software untuk melakukan virtualisasi, diantaranya :

  • VirtualBox (Windows / Mac / Linux, Free)
  • Parallels  (Windows / Mac / Linux)
  • Vmware  (Windows / Linux, Dasar: Gratis, Premium)
  • QEMU (Linux, Free)
  • Proxmox
  • Windows Virtual PC 
  • dll


Kalau ditanyakan mana yang terbaik...kayanya langsung di coba aja.....