4 Tanda Kerusakan Baterai Laptop

Klik Blogmu - Laptop adalah komputer mobile yang suka dibawa kemana-mana, karena sifatnya yang mobile maka keberadaan baterai, supaya laptop bisa digunakan sangat penting. Alangkah baiknya kita mengenali 4 Tanda Kerusakan Baterai Laptop....alias tanda minta ganti.

1.Baterai tidak terdeteksi oleh laptop.

Baterai terpasang dengan benar tetapi ada tanda merah pada ikon baterai. Jika kita memindahkan panah kursor di atas ikon baterai, muncul popup "baterai tidak terdeteksi".

Kemungkinan masalah:

  • Kemungkinan besar baterai yang buruk. Langkah terbaik untuk masalah ini dengan mengganti baterai.
  • Jika mengganti baterai tidak membantu, biasanya masalahnya terletak di motherboard. Motherboard harus diganti (atau diperbaiki pada tingkat komponen).


2. Pengisian/Charge Baterai hanya terjadi jika steker listrik posisi yang benar.

Kita harus menggoyangkan steker listrik untuk dapat mengisi baterai. Setelah Anda menemukan posisi yang tepat, baru baterai mengisi dengan benar.

Kemungkinan masalah:

  • Adaptor AC gagal/Adaptor AC kabel listrik rusak. Kita dapat menguji adaptor AC dengan voltmeter..(caranya bisa lihat di sini)
  • Jika adaptor AC bekerja dengan baik, kemungkinan besar ini adalah kekuatan jack (konektor yang Anda pasang diadaptor daya) mengalami kegagalan. Dalam hal ini colokan listrik harus diganti. Pada beberapa model laptop colokan listrik tidak disolder ke motherboard, itu hanya melekat dan memanfaatkan kekuatan soket.
  • Dalam hal ini, Anda dapat mencabut colokan listrik dari motherboard yang rusak dan menggantinya dengan yang baru.


3. Laptop mendeteksi baterai tetapi mati ketika AC adaptor dicabut.

Bila kursor kita pindahkan keatas ikon baterai ketika laptop terhubung ke adaptor AC, laptop menginformasikan berapa daya baterai tersisa dan "pengisian pengisian baterai sedang terjadi". Tapi jika kita cabut adaptor AC, laptop mati sepenuhnya.

Kemungkinan masalah:

  • Posisi Baterai tidak masuk dengan benar. Coba hubungkan kembali baterai.
  • Kontak baterai terdapat kotoran atau teroksidasi dan baterai tidak terhubungan dengan baik pada motherboard. Coba menghubungkan kembali baterai beberapa kali.
  • Jika memasang kembali baterai tidak membantu, kemungkinan besar baterai yang buruk alias uzur dan harus diganti.
  • Jika anda mengganti baterai tapi masalahnya masih ada. Rupanya sirkuit pengisian baterai telah rusak. Dalam hal ini seluruh motherboard harus diganti (atau diperbaiki).


4.Pemakaian/Penggunaan/Discharge baterai yang sangat cepat setelah mencapai beberapa titik kritis.

Baterai terdeteksi oleh laptop dan indikator level menunjuk ke 100%. Saat Anda mencabut adaptor AC, diperlukan waktu normal untuk debit/pengisian sampai beberapa titik kritis (katakanlah 80%) tetapi setelah itu pemakaian/penggunaan/discharge baterai sangat cepat ke level 0%.

Kemungkinan masalah:
Ini adalah kerusakan baterai. Kondisi baterai buruk dan harus diganti.

" Jika berkenan silahkan gabung dan ngobrol bareng di Group Facebook Komputer-Newbi - cari solusi bareng-bareng..."