Tips Melindungi Komputer dari Virus

Image dari rudihd.wp.com
Perkembangan virus komputer yang demikian cepat dan dapat menyebar lebih luas untuk menginfeksi korban-korbanya. Setiap hari beberapa virus baru muncul yang mampu merusak sistem komputer Anda . Spesialis Anti-virus  sangat sulit untuk membuat update software mereka terhadap virus baru yang selalu muncul. Virus bisa masuk ke dalam komputer dengan cara yang berbeda. Itulah mengapa tidak ada metode sederhana untuk melindungi sistem komputer anda. Hanya ada serangkaian tindakan yang dapat memberikan perlindungan handal dari infeksi virus komputer. Berikut beberapa tips  untuk melindungi  PC dari ancaman virus.

  1. Buatlah backup secara teratur. Tidak ada cara yang yang dikatakan aman untuk perlindungan dari serangan virus komputer. Pencipta virus sangat teratur menemukan lubang untuk menginfeksi virus ke komputer anda. Beberapa virus yang cukup berbahaya dapat merusak file data atau bahkan menghapus seluruh file system. Buatlah backup data Anda secara teratur dan untuk memisahkan file file hardisk anda. Hal ini dapat membuat hard drive yang terpisah, kartu flash, compact disc atau perangkat lain sebagai penyimpanan file yang Anda pilih. Untuk kemudahan backup, Anda dapat menggunakan beberapa perangkat lunak backup otomatis.
  2. Melindungi jaringan sambungan dengan Firewall. Firewall adalah sebuah software yang bekerja sebagai blok koneksi berpotensi berbahaya yang menembus ke dalam sistem Anda untuk mencegah virus dari jaringan. Sistem Windows XP telah berhenti sederhana namun handal built-in firewall. Anda dapat mengaktifkannya sebagai berikut. 1) di Control Panel, klik dua kali Sambungan Jaringan dan Internet, kemudian klik Network Connections. 2) Klik kanan koneksi yang Anda ingin mengaktifkan firewall.
  3. Gunakanlah antivirus. Menginstal antivirus yang akan memudahkan sistem Anda untuk mencari dan menghapus virus secara teratur. Antivirus yang terbaik untuk sistem Windows adalah Norton Antivirus, McAfee, Kaspersky Anti-Virus dan PC-cilin.
  4. Memperbarui sistem operasi Secara teratur . Windows XP memiliki built-in layanan update otomatis. Segeralah untuk mengupdate versi terbaru. Hal ini dapat meningkatkan keamanan dari system anda. Melakukan Update windows dapat menutupi lubang yang menjadi serangan virus.
  5. Harus siap untuk menginstal operasi system anda. Ketika terinfeksi virus anda dapat sesegera mungkin untuk menginstall kembali system anda. Makin cepat anda membersihkan virus makin baik untuk keamanan file anda.
  6. Membatasi akses ke komputer Anda. Lindungi komputer anda dengan password.
  7. Jangan menginstall apalagi menggunakan program yang mencurigakan. Periksa software-software yang telah anda instal, terkadang software dapat memberikan hadiah virus ke sistem anda. Usahakan tidak menggunakan program yang tidak resmi, terutama versi cracked. Jangan membuka email yang tidak anda kenal pengirimnya, apalagi anda harus mengunjungi link yang diberikan mereka. Segera hapus demi kenyamanan anda
  8. Jika Anda menggunakan Internet Explorer, coba pindah ke browser lain. IE telah diketahui mempunyai kelemahan, para pembuat virus memanfaatkan hal ini untuk menyebarkan virus. Banyak browser lain yang patut anda coba. Sebagai contoh Mozila Firefox ataupun Opera
  9. Gunakan  perlindungan spam. Virus sering didistribusikan melalui email. Untuk hal ini ada dapat menggunakan sebuah filter spam pada email anda. Kebanyakan spam mengandung virus. Tindakan ini dapat menghindarkan anda dari virus komputer 
Mudah-mudahan dengan tips sederhana ini, sedikit mengurangi resiko terjangkit virus komputer.
Jika ada yang mo nambahin monggo...dilanjut