Memelihara Registry Komputer – Apakah Penting?

Komputer atau laptop kita berperilaku aneh, loading program bisa menghabiskan waktu untuk minum secangkir kopi atau gangguan lain?

Munculnya masalah ini pastilah mengjengkelkan, apalagi komputer digunakan untuk masalah yang serius misal: kerja, desain, dll. Kita mungkin mempunyai pertanyaan “Apa yang menyebabkan masalah ini, dan bagaimana pencegahannya ?” jawabannya tentu aja kita bisa  (….kaya kampanye aja…:)...

Beberapa klien klikblogmu mengatakan “ Komputer saya dulu sangat cepat, kenapa sekarang jadi lambat, apa penyebabnya? “ Jawaban klikblogmu selalu sama. Penurunan performa komputer tidak dapat dihindari, tapi bisa diminimalisir dengan pemeliharaan yang tepat. Analoginya adalah bagaimana jika kita melewatkan ganti oli motor…misal 10.000km ? menurut anda apa yang mungkin terjadi pada motor kita, bisa ditebakknya motor berebet gak ada tarikannya atau lebih parah lagi mogok…(mudah2an gak terjadi ditengah jalan)

Registry Komputer…Mahluk Apaan Tuch?

Registry Komputer pada Windows adalah direktori yang menyimpan setting dan opsi untuk semua sistem operasi Windows versi 32-bit, versi 64-bit dan Windows Mobile. Registry komputer berisi informasi dan setting untuk semua hardware, sistem operasi, software, pengguna, preferensi dari PC, dll
Setiap kali user membuat perubahan, pengaturan Control Panel, asosiasi file, kebijakan sistem, atau install program, perubahan tersebut disimpan dalam registry komputer. Registri komputer juga menyediakan informasi runtime seperti counter kinerja dan perangkat keras yang sedang aktif.

Perubahan ini sering meninggalkan jejak referensi yang lama, entri usang, uninstall program dan entri startup tidak valid yang terakumulasi dari waktu ke waktu dapat menimbulkan beberapa masalah pada komputer anda.

Memelihara Registry Komputer Itu Penting

Sebuah program utility yang komprehensif dan mudah digunakan dibutuhkan untuk memelihara registry komputer. Program gratis seperti CCleaner, dkk (anda bisa mencarinya dimbah google) sudah cukup powerfull jika dilakukan secara berkala. Program ini akan mencari dan memperbaiki entri registry komputer yang bermasalah. Sebelum melakukan bersih-bersih, pastikan untuk membackup pengaturan awal registry komputer anda (supaya punya cadangan jika terjadi masalah).

Program yang klikblogmu sebutkan diatas tidak hanya akan memperbaiki masalah, juga akan menjaga kesehatan registri komputer. Apalagi dipadukan dengan defragment. Maknyus dah… Ini akan mengatur kembali registry computer dan menyusutkannya.
Memelihara registry komputer akan memungkinkan komputer untuk beroperasi pada kecepatan yang optimal sepanjang waktu. Silahkan membuktikannya sendiri….

note: image hanyalah ilustrasi