Mengenal CCTV


CCTV atau Closed Circuit Television merupakan video camera yang digunakan untuk mengawasi berbagai area yang memerlukan pegawasan secara terus menerus. Kita bisa menemukan dengan mudah cctv di berbagai area seperti jalan raya, perkebunan, perumahan, kantor, pabrik, bank, bandara, toko, sekolah, dan lain-lain.

PC DVR Card System
DVR Card, adalah sekeping board yang di pasang ke slot PCI dari PC, untuk menggantikan fungsi spilter Multiplexer dan perekaman analog dengan Video Cassettes Recorder (VCR). Jadi intinya fungsi DVR Card seperti hardware tambahan PC yang hanya bisa dijalankan dengan mengoperasikan komputer.

DVR StandAlone System
DVR Standalone membebaskan ketergantungan pengoperasinya dari PC. Didalamnya dilengkapi dengan Hard Disk sebagai media perekamnya, DVR Standalone hadir untuk menggantikan DVR Card dan seiring berjalannya waktu, DVR Standalone dapat menyamai kemampuan DVR Card.

IP Camera System
Sistem ini mendistribusikan video/audio melalui kabel jaringan dan wireless dengan memakai protokol TCP/IP yang siap di integrasikan dengan infrastruktur masa depan. Umumnya sistem ini dibangun dengan adanya network camera, switch power over ethernet, network video server/encoder dan software video management.

Sebagai teknologi yang canggih yaitu dengan resolusi tinggi, kompresi video digital dan teknologi TCP/IP via jaringan internet, dimana saat ini pengawasan suatu area tersebut dapat dilakukan tanpa batasan jarak dan waktu. Hal ini membuat CCTV system menjadi sangat mudah penggunaannya dan harganya terjangkau, sehingga menjadikannya pilihan yang populer untuk digunakan oleh banyak pihak pemerintah, swasta maupun individu.