Tips solusi "Unable to initialize Windows Sockets interface error code 0"

Ahad kemarin ada salah seorang user klikblogmu yang mengeluhkan komputernya tidak bisa koneksi internet, padahal koneksi sangat dibutuhkan untuk mendownload sebuah aplikasi dari vendor perusahaan. Setelah dites dari rumah koneksi internet lancar, mikrotik aman, tapi terus ditelphon karena masih gak bisa terhubung ke internet..Deritanya lengkap karena sama sekali gak bisa main remote computer dari rumah….harus ngantor hari libur nich…..

Setelah di periksa computer tersebut semua berjalan normal, koneksi jaringan terhubung. Tapi saat menggunakan perintah ping langsung nutup. Penasaran mungkin LAN cardnya, ganti LAN Cardnya….hasilnya keukeuh…gak connect.
Ketika masuk ke command dos, jalankan perintah ping…ternyata muncul pesan error "Unable to initialize Windows Sockets interface, error code 0"

Wah pesen apa tuch….efek  dari pesan error tersebut membuat komputer tidak bisa  melakukan koneksi internet atau browsing. Kemudian ketika ingin melihat konfigurasi jaringan dengan mengetik ipconfig pada command prompt yang terlihat hasilnya adalah 0 semua. Kira-kira apa penyebabnya..????

Pesan Error tersebut di sebabkan karena WSOCK.386 yang rusak atau tidak dimuat dalam memory. Dari situs Microsoft ternyata solusi masalah tersebut cukup mudah :

  1. Hapus TCP / IP protokol menggunakan ikon Network Setup.
  2. Keluar dari windows workgroup, kemudian masuk ke direktory subsystem windows melalui command prompt
3. Ubah nama file WSOCK.386 dengan mengetikkan perintah berikut:
REN WSOCK.386 WSOCK.BAD
4. Restart, jalankan windows workgroup.kemudian tambahkan ulang menggunakan icon network setup, setup dan konfigurasi ke lokasi file tcp/ip 32 anda. hapus tcp/ip protokol dari network setup kemudian re-install
5. Selesai.

Jika cara yang diatas susah…biasa pakai tools utility aja..gunakan tool WinSockFix 1.1.0.13 (network tweaker). Untuk menjalankan tools ini disarankan untuk menonaktifkan sementara software security seperti antivirus, dll. karena sebagian antivirus menganggap tools ini adalah sebuah trojan.

Nah sekarang tes koneksi……Alhamdulillah lancar…..