Cara Membuat Mesin Virtual dengan Virtual Box

Kemarin kita udah kenalan ama macam-macam mesin virtual dan virtualisasi, nah sekarang bagaimana membuat virtual machine dengan virtualBox. Dengan VirtualBox seolah-olah bisa membuat komputer baru (virtual machine) dan meng-install-nya dengan  OS yang kita inginkan (Guest OS). Jadi kita  bisa menjalankan keduanya dalam waktu yang bersamaan; berpindah dari Guest ke Host dan sebaliknya dengan mudah. Jika sudah tidak membutuhkan lagi, Anda tinggal menghapus saja (remove) virtual machine tersebut tanpa proses yang rumit.

DOWNLOAD & INSTALL VIRTUALBOX


Pertama download dulu installer-nya di sini. Sesuaikan dengan tipe Operating System yang kita gunakan.

Setelah itu jalankan file installer-nya. Klik Next> pada saat VirtualBox Setup Wizard muncul.
 














Selanjutnya Anda bisa memilih lokasi instalasinya. Klik Next> untuk melanjutkan.


Pilih di mana saja Anda ingin shortcut dibuat, lalu klik Next>.







Biasanya akan muncul peringatan bahwa koneksi ke jaringan akan diputus sementara pada selama proses instalasi. Klik saja Next>.



Klik Install untuk memulai proses instalasi.



Jika UAC muncul, klik saja Yes.


Sampai disini Anda sudah berhasil meng-install VirtualBox. Klik Finish untuk menjalankan program VirtualBox.



SETUP VIRTUAL MACHINE & GUEST OPERATING SYSTEM

Klik New di VirtualBox Manager untuk memulai.

Anda akan disambut oleh New Virtual Machine Wizard. Klik Next untuk melanjutkan.
Di sini Anda akan memilih jenis OS apa yang akan Anda install sebagai Guest OS. Dalam contoh ini kita akan meng-install Suse 12. Klik Next jika sudah selesai memilih jenis OS.


Anda bisa menentukan berapa besar memory (RAM) untuk virtual machine ini nantinya. Geser slider ke angka yang inginkan, lalu klik Next.



Untuk pertama kali, pastikan anda memilih Boot Hard Disk dan juga memilih Create new hard disk, seperti ilustrasi di bawah ini. Jika sudah, klik Next.
Selanjutnya Anda akan masuk ke Create New Virtual Disk Wizard. Anda bisa memilih apakah ukuran virtual hard disk ini nantinya besarnya bisa berubah atau selalu tetap. Untuk penghematan sebaiknya Anda memilih yang Dynamically expanding storage. Klik Next jika sudah memilih.


Di sini Anda bisa memilih lokasi dimana virtual hard disk ini akan dibuat, sekaligus juga menentukan ukuran maksimal hard disk (hard disk maximum size). VirtualBox secara default menyarankan ukuran sebesar 10 G. Namun Anda juga bisa men-set lebih kecil selama Anda yakin bahwa ukuran tersebut sudah cukup untuk kebutuhan Anda nantinya. Klik Next.


Ini adalah Summary dari proses pembuatan New Virtual Machine. Klik Finish.

Terlihat bahwa Anda sudah mempunyai satu virtual machine bernama Suse12, walaupun isinya masih kosong. Selanjutnya tinggal kita install Guest OS di virtual machine ini......